Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitas Komunikasi Penerbangan

Fasilitas Komunikasi Penerbangan dapat dikelompokkan atas 2 ( dua ) kelompok, yaitu :

1.  Peralatan Komunikasi Antar Stasiun Penerbangan (Aeronautical Fixed Services / AFS).

                    Peralatan Komunikasi Antar Stasiun Penerbangan (AFS) adalah Komunikasi Antar        Stasiun Penerbangan, yaitu hubungan / komunikasi antara tempat-tempat yang tetap dan            tertentu (point-to-point). Peralatan-peralatan yang digunakan adalah :

     a.   Automatic Message Switching Centre (AMSC)

                       Sarana komunikasi teleprinter antar unit-unit ATS (point to point) dengan                          memakai sistem transmisi satelit (VSAT), dimana berfungsi sebagai pengontrol berita.

     b.   Teleprinter Machine

                       Peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima berita-berita             penerbangan dalam bentuk berita tertulis, dimana peralatan ini terhubung dengan suatu             jaringan yang mencakup seluruh dunia yang ditetapkan  berdasarkan ketentuan ICAO                 (Aeronautical Fixed Telecommunication Network / AFTN).

       c.   HF SSB Transceiver

                         Peralatan komunikasi yang digunakan untuk melakukan pertukaran berita                        penerbangan melalui suara (untuk koordinasi antar unit-unit ATS / Air Traffic Services),              dalam bentuk Single Side Band.

       d.   Very Small Aperture Terminal (VSAT). 

                           Fasilitas transmisi dimana pemancar dan penerimanya pada  frekuensi yang                  berbeda sehingga komunikasi dapat berlangsung secara full duplex dengan                                menggunakan media satelit.

       e.   Radio Link

                            Suatu pemancar dan penerima dengan  frekuensi yang berbeda sehingga                    komunikasi dapat berlangsung secara full duplex. Dalam system Transmisi  dengan                      Radio Link, data awal dirubah oleh suatu interface / modem kemudian dimodulasikan ke              pemancar dan oleh penerima diproses sebaliknya.

       f.    Direct Speech

                           Peralatan komunikasi yang digunakan untuk melakukan pertukaran berita                      secara langsung khusus untuk koordinasi antar unit – unit Air Traffic Services (ATS).

       g.   ATS Message Handling System (AMHS)

                            Sistem di dalam ATN yang digunakan untuk menggantikan AFTN (suatu                        struktur jaringan hubungan komunikasi seluruh dunia yang ditetapkan berdasarkan                      ketentuan ICAO (Annex 10, Volume II), dimana berita secara tertulis (printed) disimpan                dan disalurkan dengan menggunakan prosedur yang berorientasi pada karakter) dalam              melakukan pertukaran berita-berita penerbangan.

       h.   ATN System (Ground – Ground)

                           Jaringan global yang menyediakan komunikasi digital untuk sistem automasi                   yang mencakup Air Traffic Service Communication (ATSC), Aeronautical Operational                   Control (AOC), Aeronautical Administrative Communication (AAC) dan Aeronautical                     Passenger Communication (APC).

         i.    HF Data Link

                             Untuk komunikasi darat - udara, digunakan di daerah oceanic dan ruang                       udara dengan lalu lintas sedikit. Kombinasi penggunaan HF Data Link dengan AMSC                   akan meningkatkan availabilitas (karena dual redundant).

2.  Peralatan   Komunikasi   Lalu   Lintas  Penerbangan  (Aeronautical Mobile Services /                    AMS). 

     a.  High Frequency Air/Ground Communication (HF A/G)


                        Peralatan tranceiver (pemancar dan penerima) yang digunakan untuk                             komunikasi antara pilot (pesawat udara) dengan unit – unit ATS (FSS, FIC) dalam bentuk           suara yang bekerja pada frekuensi HF.  Ditujukan  untuk  melayani suatu daerah tertentu           yang dibagi atas 2 ( dua ) wilayah, yaitu :

         1)        RDARA  ( Regional and Domestic Air Route Area ), untuk pelayanan penerbangan                       domestik, dengan menggunakan pemancar sebesar 1 KW atau lebih kecil.

         2)        MWARA  ( Major World Air Route Area ), untuk pelayanan penerbangan                                       International, dengan menggunakan pemancar sebesar 3 – 5 KW.

     b.      VHF A/G (AFIS, ADC, APP)

                            Peralatan tranceiver (pemancar dan penerima) yang digunakan untuk                             komunikasi antara pilot (pesawat udara) dengan pemandu lalu lintas udara (unit ATS)                dalam bentuk suara yang bekerja pada frekuensi VHF. 

    c.      VHF -  ER (ACC)

                             Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan ACC yang mempunyai wilayah                          tanggung jawab  yang sangat luas, maka  dibeberapa tempat dipasang peralatan VHF-               Extended Range (VHF-ER). Pemancar penerima serta tiang antenna VHF yang sangat               tinggi ditempatkan  di daerah pegunungan atau di daerah dataran tinggi. Selanjutnya                   dibangun stasiun radio  untuk  penempatan peralatan dimaksud, sehingga dapat                         menjangkau daerah yang sangat luas sesuai kebutuhan.

   d.      ATIS

                         Fasilitas di bandara – bandara yang broadcast (secara terus – menerus                        menyiarkan) informasi – informasi penting  seperti cuaca, R/W in use & terminal area.                  Rekaman informasi yang dibroadcast secara terus menerus (30 menit

           Komunikasi Lalu Lintas Penerbangan, yaitu hubungan / komunikasi timbal balik antara                pesawat udara dengan unit – unit ATS di darat.  Peralatan – peralatan yang digunakan                adalah : sekali di upgrade) ini membantu untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi              beban kerja ATC dengan repetitive transmisi untuk informasi penting secara rutin.


  e.      VSCS

                          Mengorganisir semua komunikasi yang berhubungan dengan tugas ATC                       menggunakan tombol simulasi pada layar sentuh.

  f.        Recorder

                            Perangkat perekam yang  dihubungkan  dengan seluruh perangkat                               komunikasi yang ada, sehingga proses pengendalian penerbangan yang dilaksanakan               oleh petugas LLU selalu ada bukti jika suatu saat diperlukan.

   g.      VHF Data Link

                          Atau disebut VDL, menggunakan protokol Bit Oriented dan memakai model                     referensi OSI (Open Systems Interconnection), dirancang sebagai subnetwork dari ATN               untuk komunikasi digital aeronautika guna kebutuhan Air Traffic Service / ATS dan                       Airline Operation Centre / AOC.

    h.      Mode S

                            Format Mode S tersedia 24 bit untuk menyatakan alamat dari pemakai. Berarti              dengan kombinasi 24 bit tersebut dapat melayani 16.777.216 pemakai. Sehingga                        diharapkan dapat memberikan system surveillance untuk terminal area dan ruang udara              kontinental yang sangat padat.

    i.        ATN System

                                Adalah jaringan global yang menyediakan komunikasi digital untuk                             memenuhi kebutuhan telekomunikasi yang bertambah dari pelayanan komunikasi air                   traffic, kontrol operasi penerbangan dan komunikasi adminitrasi penerbangan.

Posting Komentar untuk "Fasilitas Komunikasi Penerbangan"